Cara Membuat Power Bank Aki Mobil atau Aki Motor

Cara Membuat Power Bank Aki Mobil atau Aki Motor

“Persiapkan power bank jika tujuanmu tidak jelas kau ketahui”

IndonesiaNetworks – Penggunaan ponsel saat ini sudahlah masuk dalam kebutuhan pokok yang harus dipenuhi, karena dengan teknologi digital masa kini banyak hal sudah tersedia melalui ponsel seperti pembayaran, komunikasi, pertemuan online dan masih banyak lagi.

Selalu menjadi masalah ketika saat-saat penting untuk menggunakan ponsel disitulah terjadi low battery yang membuat panik dan keringat dingin jika tidak ada tersedia tempat listrik/power bank yang memadai.

Oleh sebab itu kita harus memiliki power bank yang mampu memenuhi kebutuhan listrik untuk pengisian battery ponsel anda. Disini saya hanya ingin berbagi bagaimana saya membuat power bank dengan kapasitas besar tahan lama dan biaya tidak begitu besar yang harus saya keluarkan daripada harus membeli power bank dengan kapasitas 2 kali pengisian langsung kosong karena saya sangat senang melalukan perjalanan alam terbuka yang selalu jauh dari listrik.

Bahan-Bahan yang diperlukan untuk Cara Membuat Power Bank Aki Mobil atau Aki Motor :



  1. Aki Mobil atau Aki Motor Bekas/Baru

    Aki yang saya gunakan kemaren adalah aki motor bekas karena cukup ringan dan kecil tidak terlalu makan tempat dan berat disimpan dalam tas untuk persiapan kemping atau ketempat alam terbuka. Aki motor bekas masih dapat digunakan jika hanya untuk pengisian battery ponsel lumayan ampuh daripada harus membeli aki motor baru. “Saya beli di tempat barang bekas aki motor dengan harga Rp 50.000,- aki kering”

    cara-membuat-power-bank-aki-mobil-atau-aki-motor

    Pengisian saya lakukan di tempat pengisian “jasa aki motor dan mobil” dengan biaya Rp 10.000,- sampai battery dinyatakan penuh oleh pemilik jasa. Saya tidak bisa menghitung berapa kali dalam pengisian ponsel baru aki dinyatakan kosong karena saya berulang-ulang cas ponsel karena selalu bikin record video. Hingga saya tiba dirumah masih bisa saya gunakan untuk pertulangan berikutnya.

  2. Socket Lighter Power Outlet 12 V Mobil

    Apabila anda pernah melakukan cas ponsel di mobil akan tidak asing lagi dengan alat ini dimana kita mencolokan cas ponsel khusus dimobil. Tinggal colok hape terisi selama dalam perjalanan di mobil, alat itulah yang kita gunakan dan beli di marketplace online.

    cara-membuat-power-bank-aki-mobil-atau-aki-motor
    Berbagai jenis mereka mulai dari mahal hingga paling murah yang saya gunakan beli harga Rp 17.000 dan pastikan anda bisa membedakan dari simbol yang tertera pada socket tersebut yang mana positif/negatif dan pasanglah pada aki motor tadi.

  3. Car Charger Ponsel

    Jika sudah tahu alat diatas sudah pasti paham atau tahu dengan alat ini, yang mana banyak bertebaran di marketplace online dengan harga realtif ringan mulai dari harga Rp 35.000 – Rp 200.000,-

    cara-membuat-power-bank-aki-mobil-atau-aki-motor

    Saya menggunakan alat dengan harga Rp 20.000 beli ketika ada flash sale dari harga produk tidak flash sale Rp 55.000,- dan ini berfungsi dengan baik hingga sekarang. Untuk keperluan fast charging bisa dibeli alat ini dengan kemampuan Fast Charging agar mampu mengisi cepat ponsel anda.

  4. Kabel USB Charger Type C / Micro USB

    Jika sudah dirakit semua alat diatas bisalah gunakan type kabel USB charger yang disesuaikan dengan ponsel anda sendiri. Gunakan battery dengan teliti agar tidak boros dengan cara cabut car charger ponsel jika tidak melakukan pengisian ponsel anda.

Saya sudah menggunakan cara ini Power Bank Aki Mobil atau Aki Motor dengan power bank dari aki motor bekas cukup ampuh memenuhi kebutuhan listrik ponsel saya selama saya berada di alam terbuka yang jauh dari listrik. Mampu berkali-kali melakukan pengisian ponsel dengan modal isi battery Rp 10.000,- daripada saya mengeluarkan anggaran hingga ratusan ribu rupiah beli power bank dan hanya mampu 2-3 isi ulang ponsel.

Semoga artikel ini bermanfaat dan gunakan aki mobil atau aki motor bekas dalam membuat Power Bank Aki Mobil atau Aki Motor lebih hemat dan sudah mampu memenuhi kebutuhan jika ingin menggunakan aki baru tidak masalah selama anggaran tersedia untuk itu. Sukses Selalu.



 

 

Bagikan Link :

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Hargai Konten. Di Larang Copy Paste. Hubungi Kami Kerja Sama