Hal-hal yang harus diperhatikan dalam diskusi

HAL HAL YANG HARUS DIPERHATIKAN DALAM DISKUSI

“Bicaralah pada porsi diri anda sendiri”

IndonesiaNetworks – Dalam kehidupan ini sangat erat dalam keseharian kita melakukan diskusi kepada rekan kerja, teman-teman dan keluarga di rumah. Sehingga tidak lepas kita akan melakukan diskusi untuk menjalin hubungan baik atau menjalin kerja sama.

Dalam kamus bahasa indonesia diskusi memiliki makna “pertemuan ilmiah untuk bertukar pikiran mengenai suatu masalah”

Dapat kita simpulkan diskusi adalah bertukar pikiran yang sehat mengenai suatu masalah apakah itu untuk menyelesaikan suatu konflik atau membuat suatu rencana kerja yang baik dan terencana dengan baik.

Sebelum masuk dalam diskusi ada baiknya kita sudah memahami apa yang akan dibicarakan dalam diskusi tersebut atau menjadi pendengar yang baik jika belum memahami topik suatu masalah.

hal-hal-yang-harus-diperhatikan-dalam-diskusi

Berikut hal hal yang harus diperhatikan dalam diskusi :

1. Topik Masalah

Dalam undangan diskusi apapun itu pasti akan ada topik yang akan dibicarakan untuk di bahas panjang lebar dalam pertemuan diskusi tersebut. Sehingga alangkah baiknya kita memahani topik masalah yang akan dibicarakan agar nantinya kita mampu memberikan kontribusi dalam diskusi tersebut dengan mempersiapkan topik-topik apa yang akan saya sampaikan dalam diskusi tersebut sehingga kontribusi pribadi dalam diskusi tersebut ada dan tertata.

2. Wawasan Masalah

Setelah kita mengetahui Topik Masalah dalam suatu undangan diskusi ada baiknya mempersiapkan wawasan masalah pada topik masalah tersebut, dimana wawasan masalah ini adalah pengetahuan anda dalam topik masalah tersebut.

Pentingnya wawasan masalah ini berhubungan segala hal teori, fakta, contoh kasus dan jangka panjang kedepan, misal topik masalah “Masalah Banjir dan Swadaya Pembangunan Drenasi”.

bisa anda mempersiapkan tentang banjir terjadi berapa lama hingga kering, arah aliran air, perkiraan debit air, penyebab utama banjir, titik-titik rawan banjir, biaya material, sumber anggaran, batas area pembuatan drenasi dan ijin dalam kerja”.

Penting ada ketahui untuk diri sendiri agar mampu berkontribusi dalam diskusi..

3. Cara Bicara Yang Sopan

Siapapun itu yang menjadi teman diskusi anda haruslah cara bicara anda penuh dengan kesopanan dan ramah-tamah karena segala perkara akan baik dibicarakan secara baik-baik dan terbuka apapun itu topik masalah.

Walaupun anda memiliki wawasan masalah yang jauh diatas lawan diskusi tetaplah rendah hati dan sabar karena menjadi pribadi yang mendengarkan dahulu apa yang disampaikan oleh lawan/teman diskusi anda selanjutnya anda sampaikan wawasan masalah anda dapat memperbaiki atau menambah wawasan masalah dalam suasana diskusi menjadi semakin lebar dan biarkan lawan/teman bicara anda yang menilai siapa anda dalam diskusi tersebut.

4. Menjadi Pendengar

Dalam diskusi kita juga harus menjadi pendengar yang baik dan tahan emosi dalam berbicara karena pada setiap diskusi akan timbul emosi pribadi. Emosi diri kita yang tidak baik untuk diperdengarkan oleh lawan/teman diskusi anda.

Hal paling penting ketika ada yang menyampaikan pendapat, biarkanlah teman/lawan diskusi anda menyampaikan hingga selesai barulah anda berbicara menyampaikan wawasan anda agar diskusi tetap kondusif dan berjalan dengan baik Hindari menggunakan kata-kata ambigu/kurang sopan.

5. Fokus Agar Tidak Rendah

Fokus adalah kunci sukses dalam segala hal, karena fokus membuat konsentrasi pikiran kita pada suatu hal yang sedang kita lakukan menjadi terpusat dan satu arah pada permasalahan tersebut. Jangan anggap remeh pada suatu diskusi yang berhubungan penting pada diri kita sendiri.’

Fokus membuat kita memahami hal dalam diskusi tersebut serta menguasai jalannya diskusi dari awal hingga akhir diskusi, menjadikan kita pribadi yang unggul dan mampu menyelesaikan topik masalah tersebut dalam rencana yang telah disepakai.

Tidak membuat kita mengulangi pertanyaan kepada lawan/teman diskusi dengan pertanyaan yang merendahkan dirimu sendiri hingga timbul penilaian kepada anda bahwa anda Tidak memperhatikan dalam diskusi tersebut membuat nilai anda menjadi rendah dan tertinggal di mata lawan/teman diskusi anda.

 

“Sedikit bicara lebih baik daripada banyak bicara dan omong kosong”

hal-hal-yang-harus-diperhatikan-dalam-diskusi

Bagikan Link :

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Hargai Konten. Di Larang Copy Paste. Hubungi Kami Kerja Sama