Sukmawati Pindah Agama Mengikuti Agama Neneknya di Bale Agung Singaraja

Indonesia Networks – Ibu Sukmawati salah satu dari putri Presiden RI Pertama dengan nama lengkap Diah Mutiara Sukmawati Soekarnoputri atau Sukmawati Soekarnoputri, dimana akan menjalankan berbagai ritual pindah agama Hindu yang akan dilakukannya.

Prosesi Sudhi Wadani atau pindah agama hindu di bali akan digelar di kawasan situs cagar budaya rumah asal ibunda Bung Karno di Kota Singaraja Buleleng Bali.

Beralih agama keyakinan ini dikarenakan mau mengikuti agama yang dipeluk neneknya di Bale Agung Singaraja kata Panglingsir Dadia Pasek Baleagung. Dimana ritual akan di laksanakan pada Senin (25/10) dan dilanjutkan pada ritual utama keesokan harinya.

Ritual akan dilakukan terlebih dahulu dengan mengikuti prosesi pembersihan diri atau panglukatan, selanjutnya sukmawati akan mengikuti ritual medengen-dengen yang juga bermakna pembersihan.

Sehingga (25/10) harus mengikuti pembersihan diri terlebih dahulu selanjutnya pada (26/10) ritual metatah(upacara potong gigi) di Bale Agung Singaraja dan selanjutnya Sudhi Wadani.

Untuk upacara sudhi wadani yang dijalani oleh Sukmawati dilakukan di merajan atau pura Dadia Pasek Baleagung Singaraja. Namun dalam beralih agama dan ritual ada penandatanganan surat yang disaksikan oleh berbagai pihak terutama Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI).

Untuk upacara Sudhi Wadani ini hanya diikuti oleh Sukmawati Soekarnoputri, belum diketahui apakah pihak keluarga bakal datang atau tidak dalam acara tersebut. Hanya menurut keterangan dari Sukmawati telah memberitahuan kepada keluarga untuk upacara ini.

Ibu Sukmawati lahir memeluk agama Islam, termasuk suaminya. Dilakukannya upacara kepindahan ini karena sukmawati ingin kembali ke pangkuan neneknya Ida Ayu Nyoman Rai Srimben yang mana nenek beliau beragama Hindu.

 

 

Bagikan Link :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hargai Konten. Di Larang Copy Paste. Hubungi Kami Kerja Sama