Kenapa Kapal Selam Selalu di Cat Warna Hitam

Indonesia Networks – Kapal selam bukan hal yang baru dalam alutista perang bahkan merupakan alutista yang paling di waspadai karena di jaman modern seperti ini untuk mendeteksi keberadaan kapal selam tetap menjadi hal yang rumit karena berada di bawah air tidak mudah di tembus radar, hanya dengan sonar pantulan suara dalam air baru bisa terdeteksi keberadaan sebuah kapal selam.

Kapal selam juga menjadi mesin pembunuh sebuah negara karena dapat membawa hulu ledak nuklir dimana dengan senyap mendekati bibir pantai negara musuh lalu melepaskan hulu ledak nuklir menuju sasaran hingga dalam beberapa detik sudah membinasakan umat manusia dan menciptakan kesengsaran baru dan bagi yang melepaskan selamat anda sudah menjadi pembunuh tidak terhormat karena bukan saja prajurit yang wafat bahkan anak-anak didalam kandungan, anak-anak sedang main, lansia, bahkan semut-semut dan semua kehidupan yang langsung lenyap dalam sekejap dan pertolongan pun tidak bisa mendekat karena radiasi butuh waktu bertahun-tahun untuk hilang pasca meledaknya hulu ledak nuklir. *masih berpikir perang dan balas dendam jalan ninjamu??

Luar biasa dampak dan hebatnya kapal selam? Namun perang bukanlah jalan terakhir, dengan adanya kapal selam serta teknologi militer yang semakin maju jadikan itu sebagai kunci perdamaian untuk menjaga perdamaian ataupun persiapan apabila di serang Alien dari planet lain *imajinasi* .

Di balik kerennya mesin-mesin perang seperti kapal selam, timbul pertanyaan kepala-kapal selam selalu berwarna hitam kenapa tidak warna seperti pelangi atau warna lain kenapa harus hitam? Baik disini akan kami sampaikan dengan bahasa yang mudah  di pahami walaupun tidak pernah iktu riset mesin perang kapal selam ini. Namun alasan paling mudahnya adalah karena sama seperti ban mobil atau motor anda harus berwarna hitam.

Sebelum di temukannnya kapal selam berbahan bakar nuklir, kapal selam dahulu di kenal dengan U-Boat lebih banyak menghabiskan waktu di permukaan air daripada di bawah air untuk bersembunyi dan menembakkan torpedo, pada masa perang dunia 1 militer amerika melakukan riset secara mendalam untuk warna kapal selam agar dapat melakukan kamuflase atau mengurangi pengamatan visual dari musuh. Namun dalam riset mereka awalnya mereka memberi warna hitam bagian atas sedangkan bagian bawah berwarna abu-abu setelah dilakukan pengamatan udara terlihat jelas dan riset tersebut di ulang di ganti warna biru tua lalu dilakukan pengamatan visual lanjutan di Pearl Harbour memberi hasil lebih seram dimana warna biru tua menjadi lebih terang bahkan seperti warna susu yang lebih terang sehingga memudahkan musuh mendapatkan pengamatan visual.



Pada akhirnya kapal selam di cat warna hitam karena warna hitam memiliki daya tahannya superior yang lebih kuat untuk perlindungan visual bawah air sehingga kapan selam dahulu di car berwarna hitam. Bagaimana dengan kondisi kapal selam modern apakah masih melalui proses cat body? Tentu saja tidak karena kapal selam saat ini dilapisi ubin anechonic yang hanya memiliki warna hitam.

Ubin anechonic terbuat dari karet atau ubin polimer sintetis yang mengandung ribuan rongga kecil serta memiliki fungsi seperti : menyerap gelobang sonar aktif, mengurangi atau mendistorsi sinyal balik, sehingga mengurangi jangkauan efektifnya dan lainnya adalah untuk melemahkan suara yang di pancarkan dari kapal, biasanya mesinnya, untuk mengurangi jangkauan sonar pasif.

Teknologi Ubin anechonic dikembangkan oleh Kriegsmarine selama perang dunia ke-2, dimana uji coba pertama di lakukan pada U-Boat 1940 dan untuk Negara Soviet mulai di lapisi untuk kapal selam kelas Victor dengan ubin karet. Awal ubin ini mudah jatuh namun berjalannya dan berkembang teknologi ubin ini dapat lebih baik serta menjadi peredam suara kapal selam itu sendiri sehingga kebisingan pada kapal selam tidak merambat keluar sehingga semakin sulit di deteksi.

Bahan ubin ini terbuat dari karet yang memiliki warna putih sama seperti ban mobil atau motor juga berwarna hitam, ini di karena dilakukan penambahan karbon hitam pada karet sehingga mendapatkan kekuatan tarik dan ketahanan abrasi karet ban. karena sifat karbon membuat benda-benda menjadi tahan lama ini juga menjadi alasan kenapa suatu peralatan memiliki serat karbon cendrung kuat serta elastis yang kuat juga. Demikian Ubin anechonic berbahan karet dan sudah memiliki campuran karbon membuat menjadi warna hitam dan tahan terhadap suhu ekstrim dan kondisi kapal selam naik dan turun membuat tekanan yang berubah-ubah sehingga memberikan ketahanan pada body kapal selam dan tahan lama.

Sudah paham kenapa mobil dan body kapal selam harus warna hitam??



 

Selalu promosikan secara online segala hal yang perlu di promosikan DI SINI atau DI INDONESIA IKLAN

 

 

Bagikan Link :

One thought on “Kenapa Kapal Selam Selalu di Cat Warna Hitam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hargai Konten. Di Larang Copy Paste. Hubungi Kami Kerja Sama