Teliti dalam Mengenal Memahami Asuransi Kesehatan di Tahun 2022

Teliti dalam Mengenal Memahami Asuransi Kesehatan di Tahun 2022

 

Memiliki asuransi kesehatan swasta selain milik negara yang kita kenal dengan BPJS Kesehatan memang sangatlah perlu karena kita tidak tahu kapan mengalami sakit pinyakit dalam keluarga kita atau diri sendiri.

Sehingga perlu memiliki asuransi kesehatan yang dapat membantu meringankan biaya pengobatan selama menjalani terapi kesehatan dan pemulihan. Kita perlu Teliti dalam Mengenal Memahami Asuransi Kesehatan di Tahun 2022 agar tidak salah pilih sehingga merugikan diri sendiri ketika ingin menggunakan asuransi kesehatan swasta namun gagal fungsi karena hal-hal yang tidak sesuai perlindungan dari polis asuransi tersebut.

Saat ini BPJS Kesehatan memang sudah mampu di andalkan dalam mengatasi masalah perlindungan kesehatan dalam keluarga baik dari rawat jalan atau rawat inap, namun tidak semuanya sempurna karena BPJS Kesehatan masih memiliki hal-hal yang tidak di tanggung dalam pengobatan dan paling tinggi duduk di kelas 1 ketika ingin naik kelas VIP kita cukup tinggi untuk membayar biaya rumah sakit.



Semua itu adalah pilihan hanya BPJS Kesehatan sudah sangat membantu dalam perlindungan kesehatan jika dibandingkan ketika saya masih duduk di bangku SD hingga kuliah ketika BPJS Kesehatan belum lahir, ke rumah sakit adalah beban paling tinggi bagi keluarga kecil serta engan untuk pergi berobat karena takut dengan biaya rumah sakit, dll.

Teliti dalam Mengenal Memahami Asuransi Kesehatan di Tahun 2022 Terutama untuk Asuransi Kesehatan Swasta sebelum membeli atau melanjutkan keaktifkan dalam pembayaran premi bulanan. Berikut hal-hal sederhana perlu di pahami.

1. Penting Membaca POLIS

Ketika sudah membeli perlindungan kesehatan Asuransi Kesehatan Swasta pastikanlah anda membaca dengan seksama isi polis anda, janganlah malas membaca karena isi dalam polis tersebut sudahlah sangat mutlak mengenai perlindungan, perselisihan, premi dan lain halnya tertulis rinci dalam polis asuransi kesehatan anda.

Tidak kenal maka tidak sayang demikian dalam mengenal polis asuransi kesehatan anda, jangan hanya percaya dengan apa yang diucapkan oleh pihak asuransi karena mereka akan menjadi bibir manis dalam memberikan janji-janji manis perlidungan kesehatan anda.

2. Batasan Perlindungan

Bacalah poin-poin perlindungan dalam asuransi kesehatan anda, pahami seperti apa perlindungan yang pihak asuransi berikan kepada anda yang sesuai tertulis pada polis jangan hanya percaya apa kata pihak marketing asuransi anda. Harus sesuai dengan yang tertulis pada polis karena ketika terjadi suatu hal dan ingin menggunakan polis tersebut poin-poin pada polislah yang digunakan bukan dari janji manis marketing asuransi.

Pahami seperti apa perlindungan apakah memberikan layanan Rawat Jalan, Rawat Inap, Perawatan Gigi, Melahirkan dan lainnya dimana anda harus lebih teliti agar bisa menggunakan polis asuransi anda dengan baik.



Rawat Inap menjadi poin penting ketika anda ingin melakukan rawat inap dimana kenalilah bunyi asuransi anda apakah tertera kata 1×24 jam/perhari, berapa besaran biaya harian rawat inap yang diberikan, apa yang menjadi acuan rawat inap apakah Hari dalam 1×24 jam, apakah sesuai harga kamar tertulis, apakah itu berdasarkan jam masuk dan jam keluar, apakah sesuai dengan tanggal masuk atau tanggal keluar, apakah hanya berdasarkan kwitasi pembayaran dari rumah sakit.

Kenapa ini penting karena saya memiliki pengalaman dan akhirnya melakukan pembatalan/berhenti/stop/tidak melanjutkan pembayaran premi karena dari asuransi cig*a saya dirawat inap selama 3 hari tertera tanggal masuk dan tanggal keluar itu 3 hari dan di polis saya tidak ada di bahas 24jam, atau berdasarkan kwitansi dari rumah sakit.

Namun perlindungan saya hanya di cover 2 hari saja dengan alasan kwitansi saya di akui sepihak oleh cig*a 2 hari berdasarkan tagihan kamar hanya tertera 2 hari, sedangkan tanggal masuk dan tanggal keluar 3 hari. Pada polis saya tertera berdasarkan hari tidak ada bahas kwitansi dan tagihan kamar.



Dengan demikian saya langsung menghentikan percaya dengan asuransi swasta perusahaan tersebut karena semuanya manis didepan dan omong kosong ketika terjadi masalah kesehatan, bukan-nya meringakan biaya dan beban pikiran yang ada menambah beban pikiran dan biaya tidak terduga.

Oleh karena itu berhati-hati dan cermat mengenal asuransi anda dan polis anda lebih dalam agar uang premi yang anda bayarkan tidak sia-sia menjadi abu yang tidak ada harganya anda buang tanpa sisa.

3. Sistem Cashless atau Reimbursement

Pilihlah asuransi mampu sistem Cashless dimana anda hanya menunjukan kartu keanggotan asuransi kesehatan swasta anda lalu anda bisa mendapatkan layanan kesehatan seperti halnya kartu BPJS Kesehatan, kenapa? karena anda tidak perlu harus membayar terlebih dahulu biaya di rumah sakit lalu anda mengurus berkas-berkas yang merepotkan untuk mendapatkan pembayaran kembali dari asuransi swastas dengan sistem Reimbursement.

 

Menjadi Teliti dalam Mengenal Memahami Asuransi Kesehatan di Tahun 2022 Adalah Hal Mutlak sebelum anda RUGI banyak dan di bohongin oleh janji manis asuransi kesehatan.



 

 

Bagikan Link :

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Hargai Konten. Di Larang Copy Paste. Hubungi Kami Kerja Sama