Cara Menghitung Pemakaian Listrik Alat Elektronik

Cara Menghitung Pemakaian Listrik Alat Elektronik

“Menjadi pribadi ingin tahu dan menambah pengetahuan itu lebih baik daripada menjadi pribadi ingin tahu keburukan orang”

 

IndonesiaNetworks –  Listrik sudah menjadi kebutuhan pokok saat ini dimana hampir 80% alat bantu kerja manusia saat ini menggunakan listrik daripada mesin seperti mesin cuci, setrika, tv, ac, kipas angin dan lain-lainnya. Semua itu menjadi pemikiran tersendiri untuk daya konsumsi listrik yang digunakan yang ujung-ujungnya berhubungan pengeluaran bulanan.

Semakin besar daya listrik tersebut akan semakin besar juga pengeluaran listrik kita yang harus kita tutupin setiap bulannya, atau mengurangi penggunaan peralatan listrik tersebut agar tagihan/pengeluaran listrik tidak membengkak.



Pada umumnya kita hanya mengetahui daya listrik peralatan listrik dengan nilai 350 watt atau 550 watt dimana yang tertulis di setiap alat elektronik yang akan kita beli. Selanjutnya kita hanya mengetahui tegangan listrik seperti pada umumnya 220 Volt yang ada pada jaringan PLN ke rumah – rumah warga.

Sekarang timbul pertanyaan bagaimanakah Cara Menghitung Pemakaian Listrik Alat Elektronik atau memperkirakan biaya konsumsi suatu alat elektronik yang akan kita beli dalam sebulan sehingga kita mampu memperkiraan biaya pengeluaran listrik.

Sebelumnya kita harus tahu dahulu biaya listrik yang harus kita bayarkan kepada PLN bagaimana biayanya dan perhitungannya. Yang umum kita ketahui adalah harga listrik dari PLN sekitar Rp 1.300,-/kwh jadi jika kita beli token listrik misal harga Rp 100.000,- maka yang didapat total Token 76.92 KWH

 

cara-menghitung-pemakaian-listrik-alat-elektronik

Perhitungannya :

Rp 100.000/1.300 = 76.92

Apa itu KWH ? = Kilo Watt Hour (Dalam satu jam 1000 watt) jadi apabila kita menggunakan mesin cuci atau mesin air dengan daya listrik 1000 watt diperkiraan menghabiskan 1 kwh dalam 1 jam. Perkiraan sederhana dalam konsumsi daya listrik. Jadi jika digunakan 5 jam terus menerus makanya menghabiskan 5 kwh x 1.300 = Rp 6.500



Bagaimana jika peralatan listrik seperti AC rumah dengan Daya 550 watt di pakai 8 jam setiap hari ??

1 kwh =  1000 watt
Daya AC rumah = 550 watt ubah ke kwh menjadi : 0.55 kwh
Sehari aktif 8 jam = 0.55 x 8 = 4.4 kwh
Sehari dalam rupiah = 4.4 x Rp 1.300 = Rp 5.720,-
Dalam 30 Hari = Rp 5.720,- x 30 = Rp 171.600,-

Jadi perhitungan sederhana penggunaan AC dalam 8 jam sehari dalam 30 hari Sebesar Rp 171.600,-

Demikian perkiraan Cara Menghitung Pemakaian Listrik Alat Elektronik dalam sebulan secara sederhana tanpa harus mempertimbangan naik turun tegangan dan cos phi dalam teori dasar listrik yang lebih dalam.

Perhitungan tersebut sudah kami lakukan dan hasilnya mendekati dan bisa dijadikan perkiraaan listrik bulanan dana yang harus disiapkan.

Semoga informasi tersebut bermanfaat untuk kita semua dan bisa membantu teman-teman dalam memperkiraan biaya konsumsi listrik yang harus disiapkan dalam rumah produksi usaha dan lainnya.



 

 

 

Bagikan Link :

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Hargai Konten. Di Larang Copy Paste. Hubungi Kami Kerja Sama